|6| ~ Tiga Negara di Republik Indonesia

April 11, 2012

ImageBom atom yang dijatuhkan di kota Hirosima dan Nagasaki, Jepang, oleh Amerika merupakan pertanda berakhirnya Perang Dunia II yang berlangsung selama tiga tahun (1942-1945). Masing-masing pihak yang bertikai ingin menyelesaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan peperangan secara cepat dan tepat, yaitu diantara pemenang perang (Sekutu) atau negara-negara yang kalah.

“Dunia baru” tercipta dengan perubahan peta negara-negara di dunia dan sekaligus terbentuk perhimpunan Bangsa-bangsa Bersatu (United Nation, 1946). Saat itu banyak bermunculan negara-negara baru di bekas tanah jajahan Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol, Amerika dan lainnya.

Sejak kemerdekaan Indonesia diproklamasikan 17 Agustus 1945 di Jakarta, maka setiap golongan dan partai pun bangkit secara serentak untuk turut mempertahankan dan menggalang pembentukan negara baru, yaitu negara Republik Indonesia. Tentunya masing-masing golongan dan partai selalu mengandung maksud dan cita-cita masing-masing yang tersembunyi, yakni: mengedepankan dan memperjuangkan ideologi masing-masing partai.

Proklamasi Nasional ini merupakan tonggak dari mulainya sebuah revolusi nasional. Gaungnya sampai ke seluruh nusantara.Membakar semangat rakyat ikut menggelorakan revolusi. Semua aliran dan lapisan ikut serta dengan kadar kekuatan dan kesempatannya. Tidak ada pengecualian, dan memang tidak mungkin ada. Semuanya ikut serta, kalau bukan karena kesadaran, setidaknya karena takut dituduh anti-revolusi atau kontra-revolusi, atau didakwa sebagai agen imperialisme atau agen provokator (Belanda).

Lazimnya negara yang baru lahir dari rahim sebuah revolusi, sudah pasti menghadapi berbagai ujian, baik dari pihak penjajah lama (Belanda) ataupun dari bangsanya sendiri. Ujian dan tantangan itu tidak sedikit menuntut korban harta dan nyawa. Selain itu dalam sejarah Indonesia juga mencatat telah berdiri tiga negara yang berlainan ideologi dan cita-citanya.

Kaum komunis menganggap, bahwa kemerdekaan Indonesia hanya merupakan “tangga” menuju “Republik Sovyet di Indonesia”. Dan bagi kaum Muslimin selalu tertanam keyakinan, bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan “Jembatan Emas” menuju ke arah Dar al-Islam dan Dar as-Salam.[15]

Di sini kita akan batasi dengan hanya tiga negara saja, berdasarkan ideologi yang berbeda “jauh”. Masing-masing mempunyai induk organisasi serta basis rakyat pendukungnya. Adapun selain dari tiga negara tersebut dapat kita kategorikan negara yang dibuat oleh bekas penjajah Belanda, seperti Negara Pasundan, Indonesia Timur, Republik Maluku Selatan (RMS). Dan sisanya merupakan negara yang disebabkan oleh sebab-pribadi maupun golongan yang tidak sejalan dengan presiden RI ketika itu, seperti PRRI/Permesta.

Negara yang kita maksudkan ialah: Republik Soviet (komunis) Indonesia,[16] Negara Islam Indonesia (NII) dan Republik Indonesia Serikat (RIS).

__________________________________________________________

15. Bagi Ir. Soekarno adalah berupa “Pintu Gerbang” kemerdekaan bangsa.

16. Lihat, Sejarah Nasional Indonesia VI, hal 58.

 

:: INDONESIA: BANGSA, DAN IDEOLOGI… part 6

sumber: http://maramediapublishing.wordpress.com/2010/03/30/indonesia-bangsa-dan-ideologi/

____________________________________________________________
:: INDONESIA: BANGSA, DAN IDEOLOGI part 1 sampai 11
Selamat menikmati…………..

1~ Terminologi Indonesia
2~ Nasionalisme, Islamisme dan Komunisme
3~ Nasionalisme
4~ Islamisme
5~ Komunisme
6~ Tiga Negara di Republik Indonesia
7~ Republik Sovyet (Komunis) Indonesia
8~ Negara Islam Indonesia (NII)
9~ Republik Indonesia Serikat (RIS)
10~ Penerus Revolusi 1945
11~ 13 Tahun Perang Saudara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: